BeritaNasional

Pemerintah Buka Rekrutmen CPNS 2021, Total 1,3 Juta Lowongan

Redaksi Utama
07/03/2021, 16:37 WIB
Last Updated 2021-03-13T08:37:45Z




JAKARTA - Pemerintah akan membuka rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021. Selain CPNS, pemerintah juga akan melakukan seleksi untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Pemerintah sendiri telah menentukan kebutuhan Aparatur Sipil Negara (ASN) 2021, yakni totalnya sebesar 1,3 juta. 1 juta disiapkan untuk 1 juta guru PPPK dan sisanya adalah PPPK dengan formasi lain serta CPNS.

"Pemerintah sudah menentukan kebutuhan ASN secara total tahun 2021, jika tidak ada kebijakan lain yang bersifat darurat sejumlah sekitar 1,3 juta orang," kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo.

Kemudian, Kepala BKN Bima Haria Wibisana menuturkan, dalam menyikapi masa pandemi yang masih bergulir,BKN masih tetap menyediakan sistem CAT (Computer Assisted Test) berbasis online secara keseluruhan yang diikuti dengan penggunaan video conference sebagai sarana dalam pengawasan.

Begitu juga dengan penerapan protokol kesehatan, Bima menyebutkan BKN akan melibatkan sejumlah pihak untuk menghindari adanya kerumunan di lokasi ujian nantinya. Termasuk pelaksanaan seleksi di titik lokasi luar negeri.

Dari aspek persiapan penyusunan soal ujian, Bima meminta agar penyusunan soaI-soal ujian khususnya soal SKB (seleksi kompetensi bidang) segera dimutakhirkan oleh masing-masing Instansi Pembina Jabatan Fungsional sesuai dengan kewenangannya, termasuk soal ujian untuk calon PPPK dengan menerapkan tingkat kesulitan soal sesuai standar pada level jabatan maupun antar wilayah.

TrendingMore