Respon Cepat Tangani Covid-19, Kapolda Sumut Bentuk Tim Tracer Bintara Remaja

Muhammad Farid
29/07/2021, 21:54 WIB
Last Updated 2021-07-29T14:55:00Z
MEDAN
- Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra, selalu merespon cepat penanggulangan penyebaran Covid-19 salah satunya dengan membentuk Tim Tracer Bintara Remaja yang dilatih untuk terjun ke Masyarakat.

"Kegiatan ini sebagai bentuk komitmen Polda Sumut bersama-sama dengan instansi lainnya untu memutus rantai penyebaran Covid-19," kata Dirbinmas Polda Sumut, Kombes Pol Sofyan, Kamis (29/7)

Sofyan mengungkapkan, pelatihan tracer dengan metode door to door system dan problem solving berkoordinasi bersama Dinas Kesehatan Provinsi Sumut dan Tim Kedokteran Kesehatan Polda Sumut.

"Persiapan para tracer akan melaksanakan tracing di wilayah yang sudah terdata. Nantinya, para tracer akan melakukan wawancara melalui telepon kepada masyarakat yang terkonfirmasi Covid-19 untuk mendapatkan keterangan, siapa saja orang-orang yang sudah melakukan kontak erat dengan suspect yang dituju," ungkapnya.

Dirbinmas menambahkan, tracer dan tenaga kesehatan akan mendatangi masyarakat yang terlibat kontak langsung dengan suspect pertama.

Kemudian, testing kepada suspect ke dua, jika hasilnya positif maka dianjurkan untuk melakukan treatment isoman atau perawatan ke rumah sakit terdekat.

"Kita akan melakukan evaluasi kepada tracer mengenai pelaksanaan program 3T dalam penanggulangan Covid-19 di wilayah hukum Polda Sumut," pungkasnya.

TrendingMore